Rangkuman Buku Informatika 1 Bab 1

   Halo! Nama saya Nyoman Agastya Ray P. dari kelas 7F labschool, dengan nomor absen 27.

Hari ini saya akan merangkum tentang buku Informatika 1 Bab 1. Banyak definisi informatika, tetapi yang paling tepat adalah disiplin ilmu komputer yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.

Komputer berasal dari kata compute, yang artinya menghitung. setiap proses dalam komputer merupakan proses menghitung. Komputer memiliki banyak fungsi, seperti : menulis, menggambar, menyuting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analis ilmiah, simulasi, dan banyak lagi.

Komputer memerlui beberapa komponen untuk bekerja sepenuhnya, komponen-komponen tersebut adalah
Hardware (Perangkat Keras), yaitu : Input Device, Process Device, Output Device, Backing Storage, Periferal. Lalu ada Perangkat Lunak, yang terdiri dari Sistem Operasi, Bahasa Pemrograman, Program Aplikasi. Setelah itu terdapat Brainware, yaitu ada Programmer, Administrator, Operator. 

Komputer memiliki beberapa jenis yang bisa dibedakan dengan bentuknya, fungsinya, dan kriterianya.
Jenis-jenisnya tersebut antara lain, Supercomputer, Mainframe, Mini Computer, Personal Computer (PC9), Laptop, Notebook, Netbook, Komputer mobile. Komputer mobile memiliki beberapa bentuk juga yaitu, Komputer Tablet, E-Reader ( Alat Baca Buku Elektronik ), dan Smartphone. 

Kita harus memperhatikan bagaimana cara menghubungkan komputer dengan perangkat-perangkat komputer komputer, dan juga cara menghidupkan dan mematikan komputer yang sesuai dengan prosedur yang tepat

Selanjutnya adalah Sistem operasi. sistem operasi adalah perangkat lunak yang berfungsi melakukan operasi yang mengatur segala aktivitas komputer, contoh dari sistem operasi adalah, Unix, Ms. DOS, Windows, Linux, dan MacOS.

Lalu, Desktop. Desktop merupakan awal dimulainya sistem operasi. Di dalam desktop kita dapat memulai semua yang akan dikerjakan dalam komputer. 

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah aspek yang harus diperhatikan, karena ini akan mengajarkan kita tentang cara memakai komputer dengan benar, seperti: posisi badan, letak monitor, mengaturkan brightness dari monitor, dan lain-lain.

Sekian demikian blog dari saya tentang kesimpulan buku informatika 1 bab 1. Semoga bermanfaat, sampai berjumpa di blog saya selanjutnya!

Comments